Sunday, February 23, 2014

Optimasi Situs : Black Hat SEO

Black Hat SEO
Black Hat SEO
Black Hat SEO ~ merupakan jenis pengaplikasian SEO yang dilakukan secara sembunyi atau dengan mencurangi/menipu mesin pencari. Kebalikan dari White Hat SEO, Pada Optimasi dengan black hat umumnya dapat memberikan kemajuan yang signifikan pada situs tetapi besar juga resiko yang akan diterima dengan mengaplikasikan black hat SEO tersebut, seperti dibanned, diblokir, masuk daftar google sandbox, dan lain sebagainya.

Black hat SEO sebenarnya ada banyak jenisnya, tetapi yang umum dilakukan ada 5 yaitu dengan doorway page, domain cloaking, link farming, keyword stuff dan scraper page / scrapper site.

Doorway Page

Doorway Page / Gateway Page / Jump Page merupakan sebuah halaman HTML sederhana yang berisi sejumlah keyword maupun kalimat-kalimat tertentu yang relevan dengan keyword dari halaman situs utamanya yang dan umumnya dibuat untuk spamdexing dan hanya dapat dilihat oleh mesin pencari beserta dengan botnya saja, atau dengan kata lain untuk mengarahkan spider bot tersebut kedalam doorway page. 

Teknik doorway page memang sangat mirip dengan teknik cloaking, hanya saja yang membedakan antara cloaking dengan doorway page adalah jenis pengunjung yang diredirect, dimana doorway page hanya akan me-redirect spider bot sedangkan cloaking akan me-redirect human visitor atau pengunjung asli yang bukan bot.
gambaran dan sistematika doorway page dan cloaking
Gambaran Doorway Page Dan Cloaking

Domain Cloaking

Cloaking merupakan bagian dari doorway page dengan target utama adalah manusia bukan spider bot maupun search engine. Seperti halnya pada doorway page, cloaking juga merupakan teknik yang jarang diaplikasikan karena sifatnya yang sangat tidak disukai oleh search engine dan sangat beresiko terkena sejumlah penalti. Cloaking yang umum dikenal dan yang dibahas disini adalah URL / domain cloaking, yaitu metode black hat SEO dengan memanfaatkan sebuah halaman pemancing yang apabila dibuka maka kita yang membuka akan di redirect ke halaman situs utamanya.
gambaran domain cloaking
Gambaran Domain Cloaking

Link Farming

Link farming (peternakan link) adalah sebuah halaman yang berisi sejumlah link keyword yang merujuk ke sebuah halaman website/blog dan merupakan salah satu bentuk dari spamdexing. Link farming ini umumnya dapat dilakukan dengan cara manual tetapi ada juga yang dilakukan dengan cara otomatis. Meski merupakan bagian dari black hat SEO, namun banyak pengguna blog maupun website yang menggunakan cara ini, seperti yang umum dilakukan adalah dengan saling tukar link dan menempatkan daftar link tersebut dalam satu halaman.

Keyword Stuffing

Keyword stuffing merupakan aplikasi black hat SEO yang dilakukan dengan menanamkan sejumlah kata kunci kedalam website yang tentunya kata kunci tersebut disembunyikan dari pandangan visitor. Tujuan utamanya adalah meningkatkan SERP dan peringkat situs tersebut, mengingat kata kunci merupakan komponen penting dalam SERP dan PR.

Pengplikasian keyword stuffing yang sederhana seperti membuat tulisan memiliki warna yang serupa dengan background atau menyembunyikan tulisan tersebut dibalik background. Tetapi sebenarnya bisa juga dilakukan dengan, menanamkan keyword di Header H1 blog/website, menggunakan hidden input (tag noscript), maupun menyembunyikannya tepat sebelum closing tag header.

Scrapper site/page

Scrapper page berarti sebuah konten yang meng-copy dari konten halaman lain. Scrapper site berarti sebuah website/blog yang berisi sejumlah copyan konten (scrapper page). Scrapper page umumnya dilakukan dengan meng-copy artikel yang memang mempunyai optimasi yang baik, dengan tujuan adalah mendapatkan jumlah pengunjung yang lebih baik dan hanya sekedar untuk meningkatkan penghasilan. 

Scrapper page/site memang merupakan hasil copy yang sebenarnya tidak disukai mesin pencari, tapi apabila kita melihat kenyataan umumnya apabila dilakukan dengan benar dan hati-hati, jumlah visitor dan page view dari halaman scrapper tersebut justru bisa menjadi lebih tinggi dibanding original kontennya. Mengapa ? alasannya cukup sederhana karena optimasi artikel yang baik disertai dengan backlink yang lebih baik, ingat "good article is king for visitor, but backlink is god"

No comments:

Post a Comment