Thursday, January 30, 2014

Teknik Dasar Optimasi SEO Off-Page

gambaran seo off-page
Gambaran SEO Off-Page
SEO Off-Page merupakan pemaksimalan halaman web/blog yang dilakukan dengan memanfaatkan ruang diluar halaman blog yang merupakan kebalikan dari SEO On-Page. Berdasarkan gambar diatas, SEO Off-Page lebih memfokuskan pada inbound link yang masuk ke halaman blog (backlink). Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara dan teknik memaksimalkan SEO Off-Page.


Teknik Dasar SEO Off-Page 

Blogwalking ~ Biasa dilakukan dengan cara meninggalkan jejak berupa komentar di halaman web/blog lain (sebisa mungkin lakukan blogwalking di halaman yang memiliki PR tinggi, ada keterkaitan tema dengan halaman kita, dilakukan pada halaman yang dofollow)

Tukar Link ~ Cara mendapatkan backlink yang bersifat two way backlink yang umum dilakukan diindonesia dengan saling memasang link.

Submit halaman blog ke search engine ~ Search engine merupakan ujung tombak dalam promosi halaman blog. umumnya orang akan mensubmit halaman ke google, bing, yahoo, baidu, yandex tapi sebenarnya hal tersebut masih dirasa kurang karena sebenarnya ada sangat banyak search engine yang tersebar luas di internet, oleh karena itu akan sangat baik apabila kita tau cara submit blog ke sejumlah search engine sekaligus.

Menggunakan Social Bookmarking ~ Social bookmarking merupakan salah satu cara yang paling untuk melakukan promosi halaman blog karena selain mendapatkan backlink sejumlah search engine juga cukup sering melakukan crawl pada social bookmark. Sejumlah situs bookmark yang umum digunakan ada stumbleupon, digg, delicious, reddit, Dmoz, dll

Menggunakan posting di forum ~ Melakuka posting disejumlah forum juga merupakan cara lain untuk mendapatkan traffic ataupun backlink. Disini apabila memanfaatkan forum, sebisa mungkin gunakan forum yang dofollow, karena selain bisa dapat traffic juga lebih SEO friendly.

Memanfaatkan blog dan article directory ~ Blog/article directory bisa dikatakan seperti sejenis search engine yang lebih memfokuskan pada blog/article. Mensubmit halaman ke directory merupakan hal penting karena selain mendongkrak traffic, directory juga dapat membantu meningkatkan peringkat halaman blog (PR). Direktori yang bagus untuk blog diantaranya ada Dmoz, Technorati, Yahoo directory, Google directory. (Submit ke directory google kadang ada yang menyebutnya nge-ping)

Social media marketing ~ Cara yang tergolong penting dan sering dilakukan adalah dengan mempromosikan halaman kita ke sejumlah social media karena umumnya social media indentik dengan penggunanya yang banyak oleh karena itu penggunaan social media juga akan dapat mendongkrak traffic ke halaman anda. Social media yang disarankan : Facebook, twitter, google plus, linked in, pinterest, dll

Melakukan review tentang blogmu ~ Menulis review yang baik mengenai halaman blog mu ke sejumlah situs yang menyediakan review dapat digunakan untuk meningkatkan traffic. Review yang paling memberikan dampak adalah dengan menggunakan review di alexa.

Melakukan ping ~ Untuk situs yang masih baru melakukan ping merupakan hal penting, disini tujuannya adalah supaya search engine mengetahui keberadaan dari halaman kita dan mempublikasikannya.

Didalam memaksimalkan blog secara Off-Page lakukan dengan secukupnya, jangan lakukan secara berlebihan. Yang harus diperhatikan disini adalah :
  • Jangan membuat link kehalaman dalam waktu yang hampir bersamaan dengan jumlah banyak. Over inbound link dalam waktu yang hampir bersamaan justru dianggap spam oleh search engine.
  • Jangan menggunakan link wheel, karena juga dianggap spam.

No comments:

Post a Comment