Friday, January 31, 2014

Strategi Jitu Mendapatkan Backlink Berkualitas

strategi jitu mendapatkan backlink berkualitas
Backlink atau sering disebut inbound link merupakan link dari halaman blog kita yang terpasang dihalaman website lain. Backlink sendiri merupakan bagian dari SEO Off-Page yang dilakukan dengan mencari dukungan berupa inbound link dari halaman website lain. Semakin banyak jumlah backlink yang didapatkan dari sebuah halaman, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan halaman blog tersebut masuk ke halaman pertama pencarian search engine. Backlink yang baik dan berkualitas adalah backlink yang berasal dari halaman yang memiliki PR (Page Rank) google yang tinggi, dofollow dan yang bersifat one way backlink.


Kunci pertama dalam mencari backlink adalah utamakan backlink dari halaman yang mempunya page rank lebih tinggi dari halaman kita. Backlink dari halaman dengan page rank yang lebih tinggi ini akan sangat berdampak besar terhadap page rank halaman kita yang secara otomatis juga akan mempengaruhi SERP (Search Engine Result Page) kita di search engine. Secara umum, jenis backlink sendiri ada 3 jeinis yaitu one way backlink, two way backlink, dan three way backlink.


Mendapatkan Backlink Berkualitas ?

1. Terindex Oleh Sejumlah Directori
Cara pertama mendapatkan backlink berkualitas adalah dengan mendaftar ke sejumlah directori seperti Dmoz, Technorati, Google, Yahoo, dll. Hal ini menjadi yang utama karena umumnya direktori-direktori seperti itu mempunyai page rank yang tinggi yang bisa memberikan backlink berkualitas dan juga traffic.

2. Blog, Forum dan Atikel Direktori
Berkomentar di blog lain, membuat posting di sebuah forum dan mensubmit artikel ke artikel direktori seperti e-zine adalah cara untuk kita mendapatkan backlink dengan anchor text yang kita inginkan. Dalam berkomentar di blog, usahakan membuat komentar yang sesuai dengan topik yang dibicarakan dan ada hubungan juga dengan tema blog kita, selain itu dalam berkomentar coba berkomentar dihalaman yang dofollow. Forum ~ Apabila kita memanfaatkan forum cobalah untuk mencari forum dengan page rank tinggi dan usahakan untuk posting di forum tersebut tetap bertahan lama.

3. Memasang Iklan
Meskipun membutuhkan biaya, memasang iklan pada tempat yang tepat akan menjadi senjata utama untuk mendapatkan backlink, dan traffic berkualitas, serta backlink tambahan lainnya. contoh : kita memasang iklan di facebook, kemudian ada orang melihat bahwa konten anda berkualitas, maka tidak jarang orang akan menjadikan konten anda sebagai bahan rujukan.

4. Mengubah Konten ke Bentuk Doc/PDF
Cara ini memang jarang dilakukan diindonesia, tetapi sebenarnya ini juga termasuk cara yang efektif untuk mendapatkan one way backlink secara tidak langsung. Caranya adalah kita membuat konten di MS Word atau PDF, dan jangan lupa untuk mencantumkan alamat blog anda ke konten tersebut. Setelah itu kita upload file tersebut ke penyedia layanan seperti Scribd atau Docstoc

5. Bertukar link 
Tukar link baik berupa link text atau banner merupakan cara yang paling umum dilakukan diindonesia. Hanya saja apabila dibandingkan cara nomor 1 - 4, kualitas yang didapatkan dari tukar link memang sedikit dibawahnya karena sifatnya yang two way backlink. Dalam bertukar link hal yang harus diperhatikan adalah cobalah untuk cari partner tukar link yang mempunyai page rank lebih tinggi, dan dalam bertukar link sebaik jangan sampai kita memasang link dari halaman yang terkena penalti karena itu juga akan merugikan halaman kita. (kalau kita dapat inbound link dari halaman yang terkena penalti memang tidak masalah tetapi apabila kita memberikan outbound link ke halaman yang terkena penalti, besar kemungkinan halaman kita juga ikut terkena penalti)

6. Memperbanyak artikel
Entah disadari atau tidak, dengan memperbanyak artikel inipun juga akan menambahkan inbound link maupun internal link kita. Akan tetapi dalam membuat artikel ini, akan lebih baik dan maksimal bila perhari satu.


No comments:

Post a Comment