Thursday, January 23, 2014

Pengenalan Blog

Sekarang ini, hampir tiap orang sudah mengenal apa yang disebut dengan internet dan tidak sedikit pula orang yang mulai mengenal mengenai blog, tapi apa sih yang sering disebut dengan blog itu sendiri ?

Blog pada awal mulanya disebut sebagai weblog yang kemudian disingkat menjadi blog dan mulai dikenal pada tahun 1997, akan tetapi blog itu sendiri mulai menjadi populer pada awal tahun 2000. blog sendiri bisa didefinisikan sebagai suatu situs yang tersusun atas posting-posting terntentu yang bisa berupa informasi, hiburan, hasil diskusi ataupun suatu hasil cerita pengalaman pribadi dimana posting ini kemudian dipublikasikan di dunia maya (World Wide Web) seperti halnya pada website. Jadi untuk yang masih awam dan ingin bisa mempublikasikan sesuatu bisa salah satunya melalui apa yang disebut dengan blog :)


Lalu apa beda antara blog dengan website ? dan kenapa sekarang ini mulai banyak perusahaan, unit bisnis, dan bahkan individu mulai memiliki blog ? Apabila kita selidiki, ternyata blog sendiri juga memiliki banyak keuntungan yang bermacam-macam seperti contohnya bisa digunakan untuk sebagai alat untuk mendengarkan suara pelanggan atau voice of customer sehingga adanya ikatan ataupun komunikasi yang baik antar pegawai dalam suatu perusahaan tersebut ataupun dengan pelanggan dari suatu perusahaan. untuk individu, adapun blog bisa digunakan untuk menuangkan pikirannya yang kemudian ditanggapi oleh sahabatnya, dan bahkan blog pun juga bisa digunakan untuk menambahkan uang jajan apabila kita mau.

Ciri Khas Blog

Blog sebenarnya memiliki ciri yang khas yang dapat digunakan untuk membedakan dengan website lain. berikut ini merupakan bagian-bagian umum yang terdapat dalam sebuah blog :
  1. Isi konten (post) atau posting, umumnya ditampilkan dalam bentuk kronologis dimana posting yang lebih baru akan ditampilkan lebih atas dibandingkan posting sebelumnya dan tiap posting itu sendiri juga umumnya memiliki alamat URL yang permanen
    contoh posting blog, isi konten, bagian dalam suatu posting blog
    Contoh Posting Blog

  2. Kolom komentar, umumnya hal yang sering dimunculkan dari blog adalah kolom komentar. kolom ini merupakan kolom yang memungkinkan pengunjung dan orang yang ngeblog untuk dapat saling berkomunikasi satu sama lain. dalam konteks blog, kolom komentar ini merupakan bagian yang cukup penting didalam sebuah blog karena dapat memungkinkan adanya efek berinteraksi sehingga blog terlihat tidak kaku dan berjalan sepihak saja. 
    contoh kolom komentar dalam blog
    Contoh Kolom Komentar Dalam Blog
  3. Fitur berlangganan atau subscription yang biasa dinamakan sebagai RSS atau sindikasi. RSS merupakan bagian yang memungkinkan pembaca untuk berlangganan isi blog dan user bisa memperoleh pemberitahuan apabila ada konten baru disebuah artikel. dengan kata lain user akan tau apakah suatu blog tertentu itu sudah melakukan update atau belum 
    Fitur RSS Dalam Suatu Blog
  4. Adanya bagian arsip, bagian ini merupakan bagian yang berguna untuk mengatur dan mengelompokkan suatu konten-konten dalam sebuah blog. Adanya arsip ini merupakan salah satu cara yang efisien apabila suatu blog mempunyai ukuran yang besar dan memiliki konten yang sangat banyak hingga mencapai angka ribuan. Dalam sebuah blog sendiri, umunya arsip tersebut dikelompokkan berdasarkan tanggal, bulan ataupun tahun dipublikasikkannya suatu konten. Selain arsip, hal lain yang juga tidak kalah berguna adalah kolom pencarian dimana kolom ini berfungsi untuk mencari entri-entri tertentu dalam suatu blog berdasarkan pada kata kunci yang berkaitan. 

    Kotak Pencarian Di Sebuah Blog
  5. Trackback ataupun pingback (link ke blog ataupun situs lain yang mengacu ke entri tersebut, merupakan kebalikan dari backlink). 
Walaupun umumnya fitur-fitur diatas itu bisa juga ditambahkan pada sebuah website biasa, tapi umumnya sebuah blog itu hanya dirancang untuk ngeblog saja dan tidak dirancang untuk multipurpose sebagaimana website biasa, dimana hal tersebut akan tampak dimana tidak semua fitur yang ada dalam sebuah website bisa ditambahkan pada sebuah blog. Tadi pada awal posting dikatakan bahwa blog merupakan hal yang disarankan untuk orang yang masih awam apabila ingin membuat suatu situs internet, hal ini dikarenakan blog umumnya lebih mudah dipahami, tidak membutuhkan keahlian-keahlian khusus seperti pemrograman web ataupun kemampuan dalam HTML. Lihat cara membuat blog

Rujukan

  • Mutum, D; Qing, W. (2010). Consumer Generated In Blogs. Handbook of Reseach on Digital Media and Advertising:User Generated Content Consumtion 1. 
  • Rebecca, B. (2000). Weblog: A History and Perspective
  • Zaki, A & Smitdev, C. (2008). Optimasi Blogging. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

No comments:

Post a Comment