Sunday, February 2, 2014

Ping Dalam Dunia Blogging

gambaran fungsi ping
Gambaran Fungsi Ping
Ping (Packet Internet Gropher) merupakan bagian daripada SEO Off-Page yang sering terlupakan dan bahkan ada pula yang tidak mengetahui apa itu ping serta kegunaannya terutama untuk kalangan pemula. Ping dalam dunia blogging diartikan sebagai suatu layanan yang digunakan untuk membantu search engine untuk mengetahui keberadaan dan pembaharuan dari suatu situs/blog. Melakukan ping secara berkala, itulah salah satu trik dari SEO Off-Page. Fungsi dan manfaat dalam melakukan ping ini akan sangat terasa terutama apabila situs tersebut masih baru.



Cara Melakukan Ping

Untuk melakukan ping kita bisa lakukan dengan menggunakan sejumlah website yang memberikan layanan ping secara otomatis seperti google ping, PingOat, PingOtmatic, autopinger, dll. Cara menggunakannyapun cukup mudah seperti contoh kita menggunakan layanan Pingotmatic.
  1. Masuk ke halaman pingomatic.com dan kalian akan melihat formulir dibawah
    formulir ping dengan pingomatic
    Formulir Ping Dengan PingOmatic
  2. Yang perlu kita lakukan hanyalah mengisi nama blog, alamat blog, alamat RSS (tidak harus) kemudian centang tulisan check all dan klik send ping.
  3. Setelah itu tunggu sebentar dan ping selesai dilakukan.
Untuk layanan ping otomatis saat ini google sedang mencoba meluncurkan versi terbaru dari google ping dan versi terbaru ini cukup bagus dibanding versi lama karena kita juga dapat menambahkan keyword seperti keinginan kita sendiri. Lihat versi terbaru google ping

Selain melakukan ping secara otomatis ada juga cara manual yang dapat dilakukan seperti salah satu layanannya adalah Blogsearch google, dihalaman tersebut kita akan mendapatkan formulir seperti dibawah.
ping manual dengan blogsearch google ping
Blogsearch Google Ping
Disini satu-satunya yang kita lakukan adalah mengisikan alamat blog kita kemudian kita tunggu beberapa saat hingga googlebot selesai mengunjungi alamat url blog tersebut dan selesai.

Reference

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Ping
  2. Waloeya, Y.J. (2011). Tips & Tricks Series Google SEO: Mendongkrak Situs Anda ke Peringkat Puncak Pada Search Engine. Andi. Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment