Monday, February 3, 2014

Cara Mendaftarkan Blog ke Bing dan Yahoo

search engine yahoo dan bing
Search Engine Yahoo Dan Bing
Google merupakan search engine yang paling banyak digunakan, berdasarkan survey tercatat bahwa kurang lebih 60% pengguna internet menggunakan google dan sisanya adalah Yahoo!, Bing, Baidu, Yandex, dll. Mensubmit situs/blog ke search engine merupakan tahap dasar dari unsur SEO yang harus dilakukan. Google memang berkonstribusi besar didalam SERP, akan tetapi hanya menggunakan google masih tetap kurang maksimal, oleh karena itu kita juga harus mensubmit dan mendaftarkan website/blog kita ke search engine lain seperti Yahoo dan Bing.

Dulu Yahoo! dan Bing merupakan perusahaan yang berdiri sendiri-sendiri, tetapi semenjak beberapa tahun yang lalu Yahoo! telah dibeli oleh Bing. Dengan dibelinya Yahoo! maka secara tidak langsungpun membuat pengguna internet lebih praktik dalam mengelola webmaster, karena sekarang keduanya dapat dikendalikan dengan satu webmaster yaitu Bing. (Mendaftar ke Bing secara tidak langsung juga mendaftar ke Yahoo!)

Cara Mensubmit Ke Yahoo! dan Bing :

1. Kunjungi situs webmaster Bing 
2. Apabila kita sudah mempunyai akun window live maka tinggal klik sign in, tapi apabila belum buat terlebih dahulu akun window livenya.
3. Klik add a site yang ada di menu sebelah kiri dan masukkan alamat website/blognya 
bing add url
Bing Add URL
4. Setelah itu kita akan menemui formulir dibawah.
formulir add site bing
Formulir Add Site Bing
Isi semua data dalam formulir tersebut. Untuk sitemap, Bing mendukung tiga jenis sitemap seperti di webmaster google yaitu sitemap.xml maupun sitemap dalam bentuk Atom 0.3, Atom 0.2 dan RSS 2.0. Untuk sitemap sebisa mungkin menggunakan sitemap.xml, karena berdasarkan pengalaman Bing memberikan hasil yang lebih maksimal apabila kita menggunakan sitemap.xml.
Contoh format sitemap.xml :
http://blogging-sci.blogspot.com/sitemap.xml  

Contoh format sitemap Atom :
http://blogging-sci.blogspot.com/ atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Alternatif lain untuk sitemap, kita juga bisa mensubmit sitemap tersebut dengan menggunakan layanan ping. hanya saja cara ini tidak dilakukan dengan mengisi formulir tersebut tetapi dengan memasukan alamat url dibawah ini ke browser.
http://www.bing.com/webmaster/ping.aspx?sitemap=blogging-sci.blogspot.com/sitemap.xml
N.B: Ganti link yang berwarna biru. Lihat panduan sitemap
Dalam formulir tersebut, untuk alert preference dan contact preference disarankan dicentang semua.

5. Klik save apabila pengisian telah selesai.
6. Verifikasi kepemilikan halaman tersebut. Dihalaman tersebut kita akan menemukan 3 option, apabila kita menggunakan blog sebaiknya menggunakan option 2 yaitu dengan menambahkan meta tag tepat sesudah tag head. 
verifikasi kepemilikan halaman di bing
Verifikasi Kepemilikan Halaman Di Bing
7. Klik verify dan selesai.

Proses pengindexan dan juga verifikasi dari bing memang lebih lama apabila kita bandingkan dengan google, oleh karena itu sebaiknya kita sabar menunggu. Setelah proses verifikasi selesai maka otomatis halaman website/blog kita sudah terdaftar di bing dan Yahoo!.

No comments:

Post a Comment