Tuesday, January 28, 2014

Pengenalan Dunia SEO

pengenalan dunia SEO, apa itu SEO ?
Apa itu SEO ? - Banyak diantara kita yang belum mengetahui apa itu SEO dan apa fungsinya. Bagi para blogger mania yang sudah berpengalaman tentu sudah mengetahui hal ini dan juga sudah mengetahui seberapa ganasnya sistem alogaritma google didalam mengatasi halaman-halaman yang tidak SEO friendly. Berdasarkan pertanyaan tersebut memang ada yang menjawab bahwa itu merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan kinerja suatu halaman supaya dapat muncul dihalaman pertama google. Jawaban tersebut memang tidak salah, hanya saja kurang mendetail, oleh karena itu sekarang saya akan membahas mengenai SEO itu sendiri.


Apa Itu SEO ?

fungsi SEO
SEO (Search Engine Optimization) atau berarti optimasi mesin pencari merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic kunjungan melalui mesin pencari menuju situs/web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau alogaritma mesin pencari tersebut. Tujuan daripada SEO sendiri adalah untuk menempatkan sebuah situs/web pada posisi teratas atau setidaknya pada halaman pertama dari hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Nah, dari tujuan tersebut maka kita sendiri secara logis akan tau bahwa halaman yang berada dihalaman teratas pencarian google pasti akan jauh lebih sering dikunjungi apabila dibandingkan dengan halaman yang terdapat dihalaman terbelakang. SEO berdasarkan jenis teknik yang diterapkan maka dibagi ada black hat SEO dan white hat SEO

Apa sajakah yang kita dapatkan dengan memanfaatkan SEO ?
Dengan memanfaatkan SEO hal utama yang kita dapatkan adalah seperti pada tujuan SEO diatas yaitu menjadi nomor satu di mesin pencari. lalu apa keuntungan dari tujuan itu sendiri ? Berikut adalah beberapa keuntungan lain dengan banyaknya pengunjung dengan memaksimalkan SEO :
  • Meningkatkan Pendapatan. Penggunaan SEO dapat meningkatkan kemampuan halaman yang bersangkutan untuk mendapatkan uang, menstabilkan penghasilan yang didapatkan dan dapat meningkatkan kemampuan untuk bisa mendapatkan penghasilan yang lebih tetap. Salah satu dampak SEO terhadap pendapatan seperti apabila kita ikut program PPC dan kemudian banyak orang yang mengklik iklan tersebut.
  • Mendapatkan Pengunjung Tetap. Bila dibandingkan dengan menggunakan iklan acak, SEO akan membantu untuk bisa mendapatkan traffic yang lebih bertarget. artinya kita akan benar-benar bisa mendapatkan pengunjung yang tertarik pada produk, layanan, ataupun jasa yang ditawarkan dihalaman kita.
  • Penghematan Biaya. SEO merupakan salah satu cara yang termurah untuk memasarkan halaman kita, karena dengan adanya pemaksimalan SEO tersebut kita sudah tidak perlu lagi buang-buang uang untuk memasang iklan dan affiliasi lainnya.
Lalu bagaimana kita bisa memaksimalkan SEO tersebut ? Sebenarnya dalam hal ini akan ada 7 pendekatan dan 8 unsur SEO yang harus kita pelajari (untuk penjelasan lebih lanjut mengenai detail dari masing-masingnya akan dibahas diartikel lain, karena terlalu panjang :D ) yang apabila diringkas akan menjadi SEO On-Page dan SEO Off-Page. Ketujuh pendekatan tersebut adalah : 
  1. Menggunakan frase kata yang tepat
  2. Melakukan analisa yang jelas agar membantu google untuk menemukan halaman anda
  3. Memanfaatkan link
  4. Mengutamakan halaman web/blog, termasuk mengembangkan frase kata kedalam web/blog dan memanipulasi SERP
  5. Memperhitungkan biaya
  6. Mempersiapkan map
  7. Tracking dan tuning. 
Kedelapan elemen pendukung SEO tersebut adalah :
gambaran unsur-unsur SEO
  1. Keterkaitan nama domain
  2. Title (judul)
  3. Meta Keyword 
  4. Meta Description
  5. Keterkaitan isi/ konten
  6. Sitemap
  7. Natural listing
  8. Backlink

No comments:

Post a Comment