Saturday, February 15, 2014

Panduan Membuat Text Area

desain textbox css
Desain Textbox CSS
Textbox area atau textbox tag atau kolom text, merupakan salah satu jenis form yang umum digunakan dan memiliki berbagai macam manfaat. Beberapa fungsinya antara lain sebagai input text form, maupun kolom untuk memberikan feedback. Keuntungan lain dengan menggunakan textarea adalah dapat menonaktifkannya fungsi HTML atau memparsekan kode HTML yang akan dipublikasikan sehingga dapat digunakan oleh para pengguna blog maupun website untuk membagikan sebuah kode HTML maupun CSS.

Textbox area merupakan salah satu elemen HTML yang dapat dibuat dengan menggunakan textarea element yang pastinya juga akan melibatkan pengaturan baris dan kolom seperti halnya pada pembuatan tabel maupun form yang lain. Berikut adalah elemen untuk text area.

Script 1 ~ Kode Textarea Element
<form action="http://www.myserver.com/cgi-bin/mailscript/" method="get">
<textarea cols="70" id="requestbox" name="normal" rows="1" style="height: 100px; margin: 2px; width: 100%;">
</textarea>
</form>

Hasil 1 ~ Hasil Textarea Dari Script 1

Pengaturan Fungsi Textarea Element

Textarea element seperti dikatakan pada paragraf pertama bahwa memiliki beragam fungsi baik digunakan untuk pemilik halaman untuk membagikan suatu informasi maupun digunakan oleh pengunjung untuk menginput sesuatu. Berikut panduan untuk mengatur bentuk dan fungsi textarea element.

1. Menambahkan Informasi Didalam Textarea
Untuk menambahkan informasi yang harus dilakukan adalah menambahkan informasi tersebut tepat sebelum closing tag dari elemen text area.

Script 2 ~ Contoh Penempatan Deskripsi Di Script Textarea Element
<form action="http://www.myserver.com/cgi-bin/mailscript/" method="get">
<textarea cols="70" id="requestbox" name="normal" rows="1" style="height: 100px; margin: 2px; width: 100%;">
Berikut adalah tepat untuk mengisikan deskripsi atau informasi
</textarea>
</form>

Hasil 2 ~ Hasil Tampak Dari Script 2

2. Pengaturan Ukuran Kolom Dan Baris
Sebelum dilakukannya pengaturan kolom dan baris pertama kita harus mengetahui bentuk script itu sendiri. Script dari textarea element yang berhubungan dengan kolom dan baris ini sebenarnya bisa dapat bentuk yang berbeda seperti dua contoh script berikut :

  1. <textarea cols="70" id="requestbox" name="normal" rows="1" style="height: 100px; margin: 2px; width: 100%;">
  2. <textarea rows="10" cols="25">
Apabila kita menemukan bentuk script seperti pada nomor 1, maka untuk mengubah ukuran  panjang dan lebar kita hany perlu mengubah angka yang terdapat pada kata height dan width (bisa dengan px maupun %). Sedangkan bisa kita menemukan script seperti no 2, maka kita hanya perlu mengubah angka pada rows dan cols.

3. Menggantu Fungsi Share Menjadi Input
Untuk melihat apa yang dimaksud silahkan masuk ke halaman email form berikut dan perhatikan kolom yang digunakan untuk menginput deskripsi permasalahan. Kolom deskripsi dari halaman tersebut merupakan kombinasi antara textarea dengan jenis form lainnya yang dibuat dengan tujuan supaya pengunjung menginput deskripsi dan dikirim ke email kita. Dalam hal ini untuk mengganti Fungsinya kita hanya perlu mengganti jenis action dan method dalam tag form nya.

<form action="http://www.myserver.com/cgi-bin/mailscript/" method="get">

Method dapat diganti dengan post sedangkan action diganti dengan mailto:alamat@email.com atau yang lainnya. Action merupakan tempat dimana script tersebut akan diproses.

No comments:

Post a Comment