Sunday, January 26, 2014

Cara Mudah Mengganti Template Blogger

contoh template blogger
Contoh Template Blogger
Hi, Blogger mania. Hari ini saya ingin membahas mengenai template blogger dan bagaimana cara kita mengganti template tersebut. Mungkin bagi para blogger mania yang sudah berpengalaman hal ini bukanlah hal yang susah untuk dilakukan, tetapi karena memang masih banyak juga diantara kita yang baru belajar jadi tidak ada salahnya kita membahas mengenai hal yang satu ini.

Pengenalan Template

Pertama sebelum kita mulai, tidak ada salahnya kita bahas terlebih dahulu mengenai template itu sendiri. Pertama apa sih yang dimaksud dengan template blog itu ? Template Blog, sebenarnya merupakan desain dari halaman blog yang merupakan kombinasi dari susunan gambar, link, dll. Dalam hubungannya dengan website ataupun blog, memang harus diakui bahwa pemilihan jenis template blog yang tepat dengan isi dan tema tulisan maka akan membuat blog tersebut secara logis dikunjungi oleh lebih banyak pengunjung dan bahkan bisa juga mempengaruhi unsur SEO dari halaman itu sendiri. Pada saat kita mendaftar dan membuat blog, blogger.com sebenarnya sudah menyediakan beberapa template-template dasar yang sekarang ini sudah ada 7 jenis template yang diluncurkan oleh blogger yaitu :

  1. Model klasik
  2. Dynamic view
  3. Picture Window
  4. Awesome.Inc
  5. Watermark
  6. Ethereal
  7. Travel
template dynaminc view blogger
Template Dynamic View

Cara Mengganti Template Blogger

Meskipun blogger sudah menyediakan beragam jenis template namun memang harus diakui tidak jarang dari kita yang merasa bosan dengan template tersebut. Nah, apabila kita ingin mengganti template tersebut berikut caranya :

1.   Klik menu more option yang ada pada dashboard blogger hingga muncul menu dropdown.

tombol menu more option blogger
Tombol Menu More Option
isi menu dropdown more option blogger
Isi Menu Dropdown More Option

2.   Setelah kita buka menu dropdown tersebut, kemudian klik tulisan template
tombol menu template
Tombol Menu Template
3.   Setelah masuk ke halaman tersebut, pertama kita harus membackup terlebih dahulu template utama kita sebelum kita ubah, tujuannya adalah untuk mengantisipasi apabila terjadi gangguan selama mengganti template yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada script template. Cara membackupnya adalah dengan menekan tombol bertuliskan Backup/restore di kanan atas, kemudian kita klik download full template (pada gambar dibawah urutannya, no 1 lalu no 1.1)
4.   Setelah kita backup template, kemudian langkah berikutnya yang kita lakukan adalah mengupload template baru kita ke blogger. caranya sama, klik tulisan backup/restore lalu kita klik tombol choose file yang ada dibawah tombol download full template (pada gambar dibawah urutannya no 1 lalu no 1.2).
menu backup dan upload template
Menu Backup dan Upload Template

Pada saat kita mengupload maupun mendownload template, file yang akan kita terima adalah file .xml. Bagi blogger mania yang sedang belajar mengenai blog, untuk kita mendapatkan jenis-jenis template yang akan kita upload sebenarnya kita tidak harus membuatnya sendiri, karena sekarang ini sudah ada sangat banyak penyedia layanan yang memberikan template blog secara gratisan seperti :

  1. btemplates.com
  2. bloggerthemes.net
  3. zoomtemplate.com
  4. deluxetemplates.net
  5. skincorner.com
N.B : Untuk mengganti template harus dilakukan dengan cara upload dan bukan dengan copy paste scriptnya ke blogger dan usahakan untuk sering-sering melakukan backup sebelum kita mengganti template atau mendesain ulang template untuk mengantisipasi error script yang mungkin terjadi.

No comments:

Post a Comment