Friday, January 24, 2014

Cara Mudah Membuat Blog Dengan Blogger

logo penyedia layanan blog
Logo Penyedia Layanan Blog
Mungkin banyak diantara kita yang ingin bisa membuat blog baik karena untuk tugas sekolahan atau kuliahan maupun untuk kesenangan pribadi dan bisnis. sebenarnya ada sangat banyak software gratisan yang siap pakai yang dapat digunakan untuk membuat blog, seperti diantaranya yang populer adalah blogger.com, wordpress.com, livejournal.com atau pun blog server jepang juga ada yaitu ameblo.jp. untuk informasi lebih lanjut mengenai apa itu blog bisa dilihat disini. Berikut adalah panduan membuat blog dengan blogger

Membuat Blog Dengan Blogger

Apabila kita ingin membuat blog, hal yang berlaku untuk semua jenis blog tersebut adalah kita harus mempunyai alamat email terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah dalam membuat blog dengan blogger :

1.   Khusus untuk blogger sebisa mungkin kita membuat email dengan gmail.
2.   Masuk ke blogger.com dan nanti kita akan menemukan salah satu dari dua halaman dibawah.

log in form blogger
Gambar 2. Login Form Blogger
log in form blogger dengan gmail
Gambar 3. Login Form Blogger Bila Sudah Pernah Login di Gmail
3.   Masuk dengan alamat email yang dimiliki dan kemudian kita akan menemukan halaman dibawah ini yang  merupakan halaman utama/dashboard blogger lalu kita klik tulisan new blog.

dashboard blogger
Gambar 4. Dashboard Blogger

4.   Setelah kita mengeklik tulisan new blog, maka akan muncul jendela baru seperti dibawah dimana kita harus menentukan terlebih dahulu judul dari blognya, alamat blog, dan template/desain dari blognya.(untuk desain tidak perlu khawatir jelek karena bisa diganti)

penentuan title, alamat dan template blog
Gambar 5. Penentuan Title, Alamat Dan Template Blog
5.   Setelah selesai menentukan judul, alamat blog dan template maka kita akan menemukan halaman dibawah, yang berarti halaman tersebut sudah jadi dan kita tinggal menambahkan konten dan mendesain ulang blognya kalau memang mau dan apabila kita ingin melihat seperti apa blog tersebut kita tinggal mengeklik tulisan view blog.

dashboard blogger dengan blog baru
Gambar 6. Blog Baru
Setelah blog tersebut jadi, maka langkah berikutnya yang harus kita lakukan adalah membuat konten atau tulisan baru dan kita juga bisa mendesain ulang bentuk blog tersebut apabila memang halamannya terasa masih terlalu jelek. 

No comments:

Post a Comment